Penentuan Harga Permintaan Dan Penawaran


Sebelum kita membahas tentang penentuan harga permintaan dan penawaran, lebih baik kita mengengetahui terlebih dahulu apa itu permintaan dan apa itu penawaran ?

Permintaan.
Permintaan adalah sebuah perasaan di mana kita menginginkan sesuatu, secara hukum ekonomi permintaan adalah sejumlah barang yang ingin kita beli baik dalam waktu dan jumlah harga tertentu. ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan pada pasar yaitu :


Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan
1.    Selera
2.    Harga Barang atau Jasa
3.    Pendapatan
4.    Harga barang lain yang berkaitan(subtitusi atau pelengkap)
5.    Ekspekstasi
6.    Kualitas barang atau jasa.


Mengapa demikian ?

  • Selera.
    karena ada banyaknya sifat manusia yang berbeda - beda menyebabkan selera pasar semakin beragam, tetapi hanya barang yang sesuai dengan selera pelanggan (kebanyakan) saja yang akan di beli di pasar.
  • Harga barang atau jasa.
    pendapatan perekonomian yang berbeda dapat menentukan permintaan, ketika barang yang di jual harganya tidak dapat di jangkau oleh kebanyakan masyarakat, maka biasanya permintaan nya akan semakin berkurang.
  • pendapatan.
    Seperti yang sudah di bahas sebelumnya pendapatan masyarakat sangat mempengaruhi permintaan pada pasar, semakin kecil pendapatan pada masyarakat maka semakin kecil pula permintaan pada pasar karena harganya yang tidak terjangkau.
  • Ekspekstasi.
    Ekspekstasi atau harapan, pada permitaan kita sebagai konsumen pasti ngenginginkan atau mengharapkan barang yang kita beli sesuai dengan yang kita harapan.
  • Kualitas.
    kualitas juga menentukan permintaan pada pasar, karena menurut suvey lebih banyak orang yang membeli barang yang mahal tapi berkualitas tinggi, dari pada murah tapi tidak berkualitas (gampang rusak)


Jadi Hukum Permintaan yaitu, “ Semakin turun harga barang, berkualitas dan tingginya pendapatan ekonomo masyarakat, maka semakin banyak pula permitaan pada pasar "

Penawaran.

Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.


Faktor - Faktor yang mempengeruhi penawaran.

1.      Tren
2.     Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
3.     Pendapatan atau penghasilan konsumen
4.     Perkiraan harga di masa depan


  • Trent
    penawaran akan meningkat ketika barang yang kita akan tawarkan sedang dalam tren atau popular, contoh ketika kita membeli sebuah baju dengan model tertentu, baju yang sedang tren jauh lebih baik untuk di tawarkan karena tren juga dapat menaikan permintaan pada pasar.
  • Ketersediaan barang atau barang pengganti dan harga barang,
    ketersediaan barang akan menentukan penawaran, kelangkaan bahan produksi akan mempengaruhi jumlah produksi pada produsen, sehingga berpengaruh pula pada harga barang yang melonjak, sedangkan harga barang yang melonjak mempengaruhi banyaknya permintaan.
  • pendapatan atau penghasilan konsumen.
    pendapatan atau penghasilan konsumen juga mempengaruhi penawaran kepada konsumen kaerena ketika pendapatan perekonomian masyarakat menurun maka pasar juga akan mengurangi jumlah produksi barang untuk menghindari pengembalian barang yang kadarluasa karena tidak terjangkau pasar.
  • Perkiraan harga di masa depan.
    Terkadang ada banyak orang yang membeli barang untuk di jual kembali, karena itu penawaran akan semakin meningkat ketika barang yang di tawarkan mempunyai harga yang jauh lebih besar di masa depan, seperti tanah, emas, atau barang - barang lainya.
Setelah kita mengerti apa itu perintaan dan penawaran, sekarang kita akan membahas tentang Penentuan harga permintaan dan penawran.


harga permintaan dan penawaran di tentukan oleh banyaknya penawaran pada pasar sehingga membuat banyaknya permintaan meningkat, tetapi harga permintan akan di pengaruhi oleh kelangkaan barang, harga barang, serta pendaptan ekonomi pada masyarakat.

contoh sederhananya adalah, ketika emas menjadi sebuah tren pada pasar dunia, emas juga bisa di gunakan untuk investasi karena perkiraan harganya yang terus meningkat di masa depan, tren emas membuat produsen menawarkan berbagai macam model dan kemudahan untuk membelinya banyaknya ragam penwaran tersebut dapat meningkatkan permintaan pada pasar, tetapi tidak semua orang dapat membeli emas sebagai barang inventasi karena semakin banyak emas adalah barang yang tidak dapat di buat, tetapi emas hanya dapat di cari lalu di bentuk sesuai dengan keinginan kita, dengan kata lain emas mengalami kelangakan yang juga menyebabkan harga emas selalu meningkat, meningkatnya harga emas akan mempengaruhi permintaan pada pasar ketika pendapatan ekonomi pada masyarakat terganggu.


Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...