Pengertian Biseksi




Praktikum Gunadarma.
Laporan Pendahuluan : Matematika Lanjut 2 (Turbo Pascal 0.7 )
Pengertian Biseksi.


1. Jelaskan Tentang Metode Biseksi ?
2. Tuliskan Rumus Dasar Biseksi ?
3. Tuliskan Main Program Metode Biseksi ?



JAWABAN !


1. Metode Biseksi.
Metode biseksi disebut juga metode Pembagian Interval atau metode yang digunakan untuk mencari akar-akar persamaan nonlinear melalui proses iterasi dengan persamaan 2.0.

2. Rumus Dasar Metode Biseksi.



Dimana nilai f(Xa) dan nilai f(Xb) harus memenuhio persyaratan f(Xa)*f(Xb)<0 br="">
 Xa =  batas atas,
 Xb = batas bawah,
 Xc = titik tengah, 

3.  Coding Program Metode Biseksi

Program Biseksi;
uses wincrt;
label ulang;
var
  x1,x2,x3,y1,y2,y3 : real;
  i : integer;
  ab : char;
begin
     ulang :
     clrscr;
     writeln('Tentukan nilai akar dari persamaan f(x)=x^3+x^2-3x-3=0 dengan Metode Biseksi');
     write( 'Masukan nilai x1 = ' );
     readln( x1 );
     y1 := x1 * x1 * x1 * + x1 * x1 - 3 * x1 -3;
     writeln('   Nilai f(x1)= ',y1:0:4);
     repeat
      begin
       write( 'Masukan nilai x2 = ');
       readln(x2);
       y2 := x2 * x2 * x2 + x2 * x2 - 3 * x2 - 3;
       write('   Nilai f(x2)= ',y2:0:4);
      end;
      if (y1*y2)<0 p="" then="">       Writeln('  Syarat Nilai Ok')
      else
       Writeln('  Nilai X2 Belum Sesuai');
     until ( y1 * y2 )  < 0;
     I :=2;
     Writeln;
     writeln('Penyelesaian Persamaan Dengan Metode Biseksi, Nilai x1= ',x1:0:2,' & x2= ',x2:0:2);
     writeln('--------------------------------------------------------------------------');
     writeln('n            x                    f(x)                error          ');
     writeln('--------------------------------------------------------------------------');
     repeat
      begin
        i :=i + 1 ; x3 := ( x1 + x2) / 2;
        y3 := x3 * x3 * x3 + x3 * x3 - 3 * x3 -3;
        if (i mod 10)=0 then readln;
        if i<10 p="" then="">        writeln(' ',i,' ::  ',x3,'  :: ',y3,'  ::  ',abs( y3 ),' ::')
        else writeln(i,' ::  ',x3,'  :: ',y3,'  ::  ',abs( y3 ),' ::');
        if ( y1* y3) <0 p="" then="">         begin
          x2 :=x3;
         end else
         begin
          x1 := x3;
         end;
      end;
     until abs( y3 )<1e-07 p="">     writeln('-------------------------------------------------------------------------');
     writeln('akar persamaanya = ',x3);
     writeln('errornya =',abs( y3 ));
     writeln('-------------------------------------------------------------------------');
     write('Apakah anda ingin mengulanginya (y/t): ');
     readln(ab);
     if (ab='y') or (ab='Y') then
      begin
        goto ulang;
      end
     else
     donewincrt;    
end.





Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)

0 comments:

Posting Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Total Tayangan Halaman