Business Partner Pada Compiere



Pada pertemuan yang kedua, akan mempelajari bagaimana membuat suatu Business Partner pada compiere. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Compiere. 
  • Masuk ke Compiere dengan User ID SuperUser dan Password System. Kemudian, pilih Role pada GardenWorld User. 
  • Setelah masuk ke dalam Compiere, pilih pada menu Business Partner yang terletak di jendela sebelah kanan tampilan utama Compiere. Kemudian, pilih pada Business Partner Setup untuk melakukan pengaturan Business Partner-nya. Seperti tampilan di bawah:


  • Setelah memilih pada Business Partner Setup (klik dua kali), maka kita akan dialihkan ke jendela AD_Workflow_ID, yang berisi alur kerja/workflow pada Business Partner Setup, seperti tampilan di bawah:

Seperti pada tampilan pada halaman sebelumnya, sesuai dengan urutan workflow Business Partner, hal pertama yang akan dilakukan adalah membuat Business Partner Group. Klik dua kali pada Business Partner Group.

Business Partner Group
  • Setelah masuk ke dalam jendela Business Partner Group, akan terdapat beberapa textfield untuk diisi/diubah sesuai pengaturan yang kita inginkan. Pada Business Partner Group ini, kita dapat mengubah Name (untuk nama business partner-nya), Description (untuk mengisi deskripsi dari business partner-nya), Organization (jenis organisasinya) dan lain sebagainya. Tampilan seperti pada gambar di bawah:

  • Jika sudah selesai mengatur semuanya, klik pada button end window yang terletak pada pojok sebelah kanan (bersimbol tanda panah).
Greeting
  • Tahap selanjutnya adalah mengatur Greeting. Klik dua kali pada workflow Greeting sehingga akan muncul jendela Greeting seperti pada tampilan di bawah:


  • Pada tahapan pengaturan Greeting ini, kita bisa mengatur Name (nama panggilan untuk business partner-nya), Greeting (semacam pengaturan untuk membuat salam pembuka pada business partner kita) dan lain sebagainya. Jika sudah selesai, klik button end window.

Payment Term
  • Tahap selanjutnya adalah pengaturan Payment Term. Klik dua kali pada workflow Payment Term sehingga akan muncul jendela Payment Term seperti pada tampilan di halaman selanjutnya:



  • Pada tahapan pengaturan Payment Term, dikhususkan untuk mengatur bagaimana tata cara aturan pembayaran yang akan dilakukan antara business partner. Kita bisa mengubah Name (untuk nama pembayarannya), Description (deskripsi dari cara pembayarannya), kemudian terdapat beberapa pengaturan untuk mengatur diskon, harga bersih dan lain sebagainya. Jika sudah selesai, klik button end window.
Invoice Schedule
  • Tahap selanjutnya adalah pengaturan Invoice Schedule. Klik dua kali pada workflow Invoice Schedule sehingga akan muncul jendela Invoice Schedule seperti pada tampilan di bawah:
 

  •  Pada tahapan pengaturan Invoice Schedule, maksudnya adalah untuk faktur / tagihan. Fungsi utamanya, untuk mengatur jadwal jangka pembayaran yang akan dilakukan oleh kita kepada business partner. Di sini dapat mengatur Name (nama tagihan), Description (deskripsi dari jadwal tagihan), frekuensi dari tagihan tersebut dan lain sebagainya. Jika sudah selesai, klik button end window.

Withholding
  • Tahap selanjutnya adalah Withholding. Klik dua kali pada workflow Withholding sehingga akan muncul jendela seperti tampilan di halaman selanjutnya:
 
  • Pada tahapan pengaturan Withholding, merupakan untuk mengatur seberapa jumlah pemotongan Pajak berdasarkan dari Payment Term (yang telah diatur) yang telah disepakati. Dapat mengatur jumlah minimal, jumlah maximal pajak, harga pas dan lain sebagainya. Jika sudah selesai, klik button end window.
Dunning
  • Tahapan selanjutnya adalah Dunning. Klik dua kali pada workflow Dunning sehingga akan muncul jendela seperti pada tampilan di bawah:
 
  • Pada tahapan pengaturan Dunning, merupakan untuk mengatur cara penagihan kepada business partner kita sekaligus membuat template surat penagihannya. Jika sudah selesai, klik pada button end window.
Revenue Recognition.
  • Tahapan selanjutnya adalah Revenue Recognition. Klik dua kali pada workflow Revenue Recognition sehingga muncul jendela seperti pada tampilan di halaman selanjutnya:
  • Pada tahapan pengaturan Revenue Recognition, merupakan untuk mengatur pendapataan. Lebih tepatnya, mengatur pengakuan pendapatan atas suatu potensi pendapatan yang masih berupa komitmen. Di sini, dapat mengatur frekuensi / jarak recognition-nya, jumlah bulannya dan lain sebagainya. Jika sudah selesai, klik pada button end window.
Import Business Partner
  • Tahapan selanjutnya adalah Import Business Partner. Klik dua kali pada workflow Import Business Partner sehingga muncul jendela seperti tampilan di bawah:

  • Tahapan ini merupakan tahapan akhir. Pada tahapan ini, kita akan meng-impor hasil dari Business Partner Group yang tadi telah kita buat dan atur. Jika pengaturan benar, maka jika kita pilih pada pilihan Greeting, akan keluar semua yang tadi telah kita buat sesuai dengan Greeting-nya.

 
  • Gambar di atas merupakan contoh output dari semua pengaturan Business Partner Group yang telah kita lakukan tadi. Maka pengaturan untuk Business Partner telah selesai dan tinggal diimplementasikan.

Sumber : 
 Toni Anugrah Mahesa
 
Jika ada link yang rusak atau Request silahkan menuju ke link ini : DISINI, Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami. Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...