Deskripsi Tentang Esai Beserta Contohnya.




Pernah mendengar kata esai sebelumnya ?. Biasanya kita mendengar kata tersebut di soal – soal ujian kita, tapi kali ini saya tidak membahas esai yang seperti itu esai yang di maksud, esai yang saya maksudkan kali ini adalah sebuah tulisan atau karangan yang biasanya berkisar dari 250 kata sampai 500 kata.

Definisi Esai.
Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Pengarang esai disebut esais. Esai sebagai satu bentuk karangan dapat bersifat informal dan formal. Esai informal mempergunakan bahasa percakapan, dengan bentuk sapaan dan seolah-olah ia berbicara langsung dengan pembacanya. Adapun esai yang formal pendekatannya serius. Pengarang mempergunakan semua persyaratan penulisan. 


Tipe-tipe Esai
Ada enam tipe esai, yaitu :

  1. Esai Deskriptif. Esai jenis ini dapat meluliskan subjek atau objek apa saja yang dapat menarik perhatian pengarang. Ia bisa mendeskripsikan sebuah rumah, sepatu, tempat rekreasi dan sebagainya.
  2. Esai Tajuk. Esai jenis ini dapat dilihat dalam surat kabar dan majalah. Esai ini mempunyai satu fungsi khusus, yaitu menggambarkan pandangan dan sikap surat kabar/majalah tersebut terhadap satu topik dan isyu dalam masyarakat. Dengan Esai tajuk, surat kabar tersebut membentuk opini pembaca. Tajuk surat kabar tidak perlu disertai dengan nama penulis.
  3. Esai Cukilan Watak. Esai ini memperbolehkan seorang penulis membeberkan beberapa segi dari kehidupan individual seseorang kepada para pembaca. Lewat cukilan watak itu pembaca dapat mengetahui sikap penulis terhadap tipe pribadi yang dibeberkan. Disini penulis tidak menuliskan biografi. Ia hanya memilih bagian-bagian yang utama dari kehidupan dan watak pribadi tersebut.
  4. Esai Reflektif. Esai reflektif ditulis secara formal dengan nada serius. Penulis mengungkapkan dengan dalam, sungguh-sungguh, dan hati-hati beberapa topik yang penting berhubungan dengan hidup, misalnya kematian, politik, pendidikan, dan hakikat manusiawi. Esai ini ditujukan kepada para cendekiawan.
  5. Esai Kritik. Dalam esai kritik penulis memusatkan diri pada uraian tentang seni, misalnya, lukisan, tarian, pahat, patung, teater, kesusasteraan. Esai kritik bisa ditulis tentang seni tradisional, pekerjaan seorang seniman pada masa lampau, tentang seni kontemporer. Esai ini membangkitkan kesadaran pembaca tentang pikiran dan perasaan penulis tentang karya seni. Kritik yang menyangkut karya sastra disebut kritik sastra.
  6. Esai Pribadi, hampir sama dengan esai cukilan watak. Akan tetapi esai pribadi ditulis sendiri oleh pribadi tersebut tentang dirinya sendiri. Biasanya penulis akan menyatakan dengan kalimat, Saya adalah. pada esai pribadi akan menceritakan kepada pembaca tentang kehidupan saya dan pandangan saya tentang kehidupan. Ia membuka tabir tentang dirinya sendiri.


(Sumber: http://www.pemustaka.com/pengertian-esai-dan-ciri-cirinya.html)

Format penulisan esai :

+ Pendahuluan.
+ Isi.
+ Penutup.

Berikut ini saya akan memberikan sebuah contoh esai pribadi :

Jalan hidup ku.
Oleh : Amrin Fakhruddin Jauhari.

  Nama saya Amrin Fakhruddin Jauhari, saya lahir di bekasi pada tanggal 21 November 1993, bintang saya Scorpio dan siho saya ayam. Banyak teman – teman saya mengatakan saya adalah pribadi yang aneh, namun terkadang menyenangkan dan baik hati. Saya memang bukan orang yang cerdas dan mampu membantu banyak teman – teman saya tetapi saya adalah orang yang mempunyai inisatif yang cukup tinggi, mungkin karena hal tersebut mereka mempercayakan saya sebagai ketua kelas.  Saya adalah orang yang cukup perhatian kepada orang – orang di sekitar saya bahkan terkadang banyak juga orang – orang yang salah mengartikan perhatian saya.

  Saya hidup dan tinggal di tempat yang sederhana, dan sayapun juga menjalani kehidupan yang sederhana pula, karena saya bukan terlahir pada keluarga yang kaya raya, yang mungkin mampu membeli segala sesuatu seperti dalam acara – acara sinetron pada tv, saya terlahir pada keluarga yang sederhana atau bahkan mungkin sedikt kekurangan, tapi kami menjalani kehidupan kami dengan hikmat, kekruangan dan kesederhanaan itu membuat kami selalu belajar untuk berusaha dengan keras, berusaha untuk membuat inovasi – inovasi dari keterbatasan kami, ajaran dari sang ayah yang cukup keras kepada anak – anaknya mebuat saya juga terkadang berwatak keras kepala, mungkin akan agak sulit bagi orang lain untuk menjatuhkan argumen saya tetapi saya akan sangat senang jika ada orang yang dapat mematahkan argumen saya, karena saya tidak terlalu peduli akan hal seperti itu, yang saya pedulikan adalah apa yang benar akan saya perjuangkan dan apa yang salah akan terus saya tentang tidak peduli siapapun orang tersebut, oleh karena itu saya sangat senang jika ada yang berhasil mematahkan argumen saya.
       
          Keseharian saya cukup membosankan saya hanya pergi ke kampus, pulang, bantu – bantu orangtua, sholat isya ke masjid, atau jika libur saya hanya akan tidur – tidur atau bermain komputer seharian. Mungkin saya mudah di kenali karena beberapa kebiasaan saya, saya sering berangkat ke kampus atau ke sekolah dengan menggunakan vespa saya, vespa berwarna merah kesayangan saya yang saya berinama “Simanis”, saya memberikan nama tersebut karena vespa itu sudah menemani kehidupan saya baik dalam keadaan saya sulit ataupun senang, saya sangat menyukai vespa saya tersebut, bahakan saya terkadang tidak suka ada yang menghina kendaraan saya tersebut, saya juga termasuk orang yang cukup bawel, suka melucu, dan memperhatikan orang lain karena rasa kepedulian saya terhadap orang lain yang cukup tinggi, walaupun terkadang saya suka menyendiri karena sudah terbiasa sendiri sewaktu kecil, tetapi saya juga orang yang membenci suasana yang sepi dan sunyi. Saya banyak sekali belajar dari kehidupan saya yang cukup keras di waktu saya kecil, walaupun saya yakin masih banyak orang yang lebih parah di bandingkan diri saya kehidupanya, karena itu saya terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi, dan tidak menyesali kehidupan saya, karena bagi saya yang terpenting adalah menjalani kehidupan ini dengan sebaik – baik mungkin, dan menjadi yang terbaik bagi diri saya dan orang – orang di sekitar saya.

==============================================================================
Refrensi :
Sumber: http://www.pemustaka.com/pengertian-esai-dan-ciri-cirinya.html



Jika ada link yang rusak atau Request silahkan menuju ke link ini : DISINI, Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami. Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

bisa buat kan contoh esai bahasa inggris???

Ulfatul Khabibah mengatakan...

Kak? Gimana sih cara mengetahui essay itu +- 500 kata? Apa harus dihitung 1/1? Mohon bantuannya... Terimakasih.

Ahli Sihir mengatakan...

@Ulfatul Khabibah
maaf ya baru bisa jawab, smoga aja masih bisa ngebantu km dan nambah2 wawasan yang lainya.

cara menghitung kata pada esai itu bisa kamu lihat pada saat kamu membuka aplikasi ms.office word, di pojok bawah ada tulisan page of... trus word.. word ... itu menandakan jumlah kata yang usdah km tulis disana :)

Posting Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...