Konsep OOP dan Inheritence



Praktikum Gunadarma.
Laporan Pendahuluan : Teknink Program Terstruktur 2 ( C++ )
Konsep OOP & Inheritence pada C++.


pada postingan kali ini kita akan membahas hal yang cukup rumit yaitu OOP atau lebih di kenal dengan Object-Oriented Programming.



  1. Jelaskan tentang konsep OOP ?
  2. Jelaskan tentang Inheritence ?
  3. Berikan contoh program inheritence ?


 Jawaban :

No1.    Pengertian Object Oriented Programing (OOP)

Object-Oriented Programming (OOP) adalah sebuah pendekatan untuk pengembangan / development suatu software dimana dalam struktur software tersebut didasarkan kepada interaksi object dalam penyelesaian suatu proses/tugas. Interaksi tersebut mengambil form dari pesan-pesan dan mengirimkannya kembali antar object tersebut. Object akan merespon pesan tersebut menjadi sebuah tindakan /action atau metode.

OOP adalah paradigma pemrograman yang cukup dominan saat ini, karena mampu memberikan solusi kaidah pemrograman modern. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa pemrograman prosedural sudah tidak layak lagi .

OOP diciptakan karena dirasakan masih adanya keterbatasan pada bahasa pemrograman tradisional. Konsep dari OOP sendiri adalah, semua pemecahan masalah dibagi ke dalam objek. Contoh, ketika kamu mencetak sebuah halaman diword processor, kamu berarti melakukan inisialisasi tindakan dengan mengklik tombol printer. Kemudian kamu hanya menunggu respon apakah job tersebut sukses atau gagal, sedangkan proses terjadi internal tanpa kita ketahui. Tentunya setelah kamu menekan tombol printer, maka secara simultan object tombol tersebut berinteraksi dengan object printer untuk menyelesaikan job tersebut.

Dalam OOP data dan fungsi-fungsi yang akan mengoperasikannya digabungkan menjadi satu kesatuan yang dapat disebut sebagai objek. Proses perancangan atau desain dalam suatu pemrograman merupakan proses yang tidak terpisah dari proses yang mendahului, yaitu analisis dan proses yang mengikutinya. Pembahasan mengenai orientasi objek tidak akan terlepas dari konsep objek seperti inheritance atau penurunan, encapsulation atau pembungkusan, dan polymorphism atau kebanyakrupaan,aggregation dan Abstaction. Konsep-konsep ini merupakan fundamental dalam orientasi objek yang perlu sekali dipahami serta digunakan dengan baik, dan menghindari penggunaannya yang tidak tepat.

No 2  Inheritas
      Mengatur polimorfisme dan enkapsulasi dengan mengijinkan objek didefinisikan dan diciptakan dengan jenis khusus dari objek yang sudah ada - objek-objek ini dapat membagi (dan memperluas) perilaku mereka tanpa haru mengimplementasi ulang perilaku tersebut (bahasa berbasis-objek tidak selalu memiliki inheritas.

No.3 Contoh Program inheritas

via image :

Versi text :




#include<conio.h>
#include<stdio.h>
#include<iostream.h>
class laptop
{
public:
char warna [8];
int jml,hrg;
};
laptop hp;
main()
{
clrscr();
cout<<"--SPESIFIKASI LAPTOP HP--"<<endl<<endl;
cout<<"Warna Laptop : ";cin>>hp.warna;
cout<<"Jumlah   :";cin>>hp.jml;
cout<<"Harga  :Rp.";cin>>hp.hrg;
cout<<endl;
cout<<"--SPESIFIKASI LAPTOP HP--"<<endl<<endl;
cout<<"Warna Laptop :"<<hp.warna<<endl;
cout<<"Jumlah  :"<<hp.jml<<endl;
cout<<"Harga   :Rp."<<hp.hrg<<endl;
getch();
}

Hasilnya adalah :


input data.

hasilnya


Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...