Penjumlahan Dan Pengurangan Matriks Pada Pascal

Program Penjumlahan dan Pengurangan matriks pada pascal

Postingan kali ini berkaitan dengan postingan saya sebelumnya yang mengulas mengenai BAB1. Operasi - Oprasi pada matriks, pada postingan ini saya akan membahas khusus tentang pembuatan program penjumlahan dan pengurangan Matriks menggunakan bahasa pemprograman pascal. berikut saya akan lampirkan source code atau kodinganya dibawah ini :



Source code program penjumlahan dan penguranan mariks dengan menggunakan bahasa pemprograman pascal, dipresenasikan dengan menggunakan prosedure menu pada pascal :




PENJELASAN :
  1. Untuk baris 1-13 : Deklarasikan variable dan prosedur yang akan digunakan, d sebagai objek, m1, m2, sebagai array untuk membuat matriksnya. procedure yang dibutuhkan, lalu sisanya di deklarasikan dengan type data ineger.
  2. Untuk baris 15 - 40 : bersihkan layar dari tampilan sebelumnya, lalu buat inputan yang nantinya akan menntukan nilai ordo bais atau kolomnya, lalu deklarasikan matriks A dengan menggunakan perulangan yang akan menghasilkan elemen matrriks A dan Matriks B.
  3. Untuk baris 43 - 67 : Pada prosedur ini digunakan untuk menampilkan hasil inputan dari nilau yang sudah kita input sebelumnya.
  4. Untuk baris 70 - 84 : pada Prosedure ini digunakan untuk melakukan opasi penjumlahan pada matriks yang sudah di input pada prosedure input.
  5. Untuk baris 87 - 101 : pada prosedur ini digunakan untuk melakukan oprasi pengurangan matriks sesuai dengan input yang di terima pada prosedure input. yang membedakan prosedur ini dengann prosedur penjumlahan adalah pada baris k 96 dan 79 terdapat oprasi aritmatika + dan -.
  6. Untuk baris 104 - 113 : pada baris ini digunakan unuk membuat desigin menu utama pada program ini.. dan mendeklarasikan input pilihan dengan variable pil.
  7. Untuk baris 116 - 130 : Pada bagian ini digunakan untuk menentukan pilihan input 1-4 digunakan untuk menuju ke prosedure mana.
  8. Untuk baris 133 - 136 : Digunakan untuk pemanggilan prosedur-prosedur yang sudah di buat sebelumnya agar bisa digunakan atau di tampilkan.

HASIL OUTPUT PROGRAM :

MENU UTAMA :

TAMPILAN MENU UTAMA PRORGAM
Pada tampilan MENU UTAMA ini mengacu pada penjelasan nomor 6.


MENU INPUT :

TAMPILAN MENU INPUT (MENU 1)
Pada tampilan Menu Input in imengacu pada penjelasan pada nomor 2.


MENU PENJUMLAHAN :

TAMPILAN MENU PENJUMLAHAN (MENU 2)

Pada tampilan Menu Input in imengacu pada penjelasan pada nomor 2 dan 4.


MENU PENGURANGAN :


Pada tampilan Menu Input in imengacu pada penjelasan pada nomor 2 dan 5.



Jika ada link yang rusak atau Request silahkan menuju ke link ini : DISINI, Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami. Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...