Pengertian kutipan dan catatan kaki

Beberapa diantara kita pasti sudah sering mendengar tentang "catatan kaki" dan "kutipan" biasanya hal-hal tersebut sering kali kita temukan pada novel, atau buku-buku lainya. apakah kalian tau apa itu catatan kaki ? dan apakah kutipan itu ?





Catatan kaki adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan/bibliografi.

Ciri-ciri catatan kaki :


  1. Diberi nomor, dan biasanya nomornya berurutan
  2. Biasanya keterangan catatan kaki ada di paling bawah tulisan.



Mari kita lihat contohnya :


Contoh catatan kaki kali ini kita ambil dari sebuah novel Negeri 5 Negara karya A.fuadi.

Contoh 1 :
Contoh 1 ini di ambil dari buku Negeri 5 Menara halaman 6


  1. Pada kalimat : dia menamatkan SPG[3] bertepatan dengan pemberontakan G30S, sehingga negara yang sedang kacau tidak mampu mengangkatnya menjadi guru.
  2. Lalu pada kalimat : "tentang sekolah waang[4], Lif..."


Keterangan dari catatan kaki pada nomor 3 dan 4 mempunyai arti seperti yang tertera pada di paling bawah. [3] SPG maksudnya adalah sekolah pendidikan Guru. [4] waang maksudnya adalah Kata panggilan kasual kepada laki-laki yang lebih muda atau anak sendiri.

Contoh 2 :
Contoh 2 ini diambil dari buku Negeri 5 Menara halaman 9


  1. Lihat pada kalimat : "Tapi Amak, ambo[7] tidak berbakat dengan ilmu agama.
  2. Lalu pada kalimat : "Tapi bukan salah ambo, orang tua lain mengirim anak yang kurang cadiak[8]

Keteranganya adalah : [7] Ambo maksudnya adalah kata ganti saya, yang dianggap sopan dan dapat dipakai ketika berbicara kepada orang yang dihormati [8] cadiak maksudnya adalah pintar.

contoh 3 :

Catatan kaki kali ini diambil dari Buku Negeri 5 Menara pad halaman 23

  1. Pada kalimat Bagi paaus raksasa kekenyangan, begitu sampai dermaga mereak, fery ini memuntahkan isi perutnya berupa bus besar antar kota, truk, mobil pribadi, motor dan sebuah traktor kecil dan galedon[12].
keterangan :
galedon adalah kendaraan berat yang berfungsi untuk meratakan jalan, biasanya berwarna kuning dan rodanya berbentuk silinder besi.

Dari ke 3 contoh catatan kaki diatas dapat kita lihat tiap penomoran berurut dan tidak berulang, sedangkan kalimat yang sudah pernah di berikan kterangan dengan menggunakan catatan kaki, tidak perlu diberikan catatan kaki kembali, semua catatan kaki diatas dapat menjelaskan kalimat yang terlihat asing di mata kita, sehingga catatan kaki berfungsi untuk memperjelas kalimat yang kurang umum bagi pembacanya.


KALIMAT KUTIPAN

Kutipan adalah pengulangan satu ekspresi sebagai bagian dari yang lain, terutama ketika ekspresi dikutip terkenal atau eksplisit dihubungkan dengan kutipan ke sumber aslinya, dan ditandai oleh (diselingi dengan) tanda kutip.

Setelah kita mengetahui apa itu catatan kaki, sekarang kita akan membahas tentang kalimat kutipan. apakah kalian pernah mendengar apaitu kalimat kutipan ? atau kalian sering mengutip kata-kata dari orang lain ? mungkin jika kalian sering menonton acara Hitam putih, biasanya di akhir filem akan ada kutipan atau kata-kata mutiara sebagai penutup acara tersebut. jadi sudah kebayang kan apa itu kuripan ? jika belum, saya akan mencontohkan beberapa kutipan.

Contoh kali ini saya ambil dari buku Meniru Kreativitas Tuhan

Contoh 1 :
Contoh 1 diambil dari buku Meniru Krativitas Tuhan halaman 15

Kutipan kali ini di ambil dari Samuel taylor Coleridge (entah dia siapa ? hehe )
kata-kata yang di kutip ialah : Imajinasi kuat yang saya genggam erat-erat menjadi sebuah kekuatan hidup.

Contoh 2 :
Contoh 2 diambil dari buku Meniru Krativitas Tuhan halaman 16

"Manusia dituntut menjadikan dirinya sebagaimana mestinya untuk memenuhi takdirnya" - Paul Tillich

Contoh 3 :
Contoh 3 diambil dari buku Meniru Krativitas Tuhan halaman 18

"Mengapa kata "Tuhan" harus dianggap sebagai sebuah kata benda ? Mengapa bukan sebagai kata kerja.. yang paling aktif dan dinamis dari semua kata kerja ? - Mary Daly (seorang Teolog)

Contoh 4 :
Contoh 4 diambil dari buku Meniru Krativitas Tuhan halaman 30

"kreativitas adalah mengolah universalitas dan membuatnya mengalir melalui mata anda. - Peter Kostenbaum

bagaimana sudah mengerti apa itu kalimat kutipan ? jika belum juga, sederhanya kalimat kutipan adalah kalimat yang di ambil dari seseorang lalu di tuliskan kembali dalam sebuah buku atau text dengan cara di awali dengan tanda kutip, dan di akhiri dengan menuliskan nama dari pembuat kalimat tersebut.. saya contohkan lagi dengan gambar berikut.



Jika ada link yang rusak atau Request silahkan menuju ke link ini : DISINI, Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami. Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...