Teknik program terstruktur


1.  Sebutkan dan jelaskan 6 aturan bahasa C++ ?
  1.  Bahasa C++ membedakan penulisan huruf besar dan kecil.
  2.  Untuk memberi komentar pada suatu statement (keadaan), dapat menggunakan /* di awal dan */ di akhir atau // dalam satu baris.
  3.  Awal dan akhir subroutine atau fungsi harus diapit kurung kurawal.
  4. Setiap statement harus diakhiri tanda titik koma.
  5. Setiap variabel yang digunakan wajib dideklarasikan terlebih dahulu. Fungsi main
  6. Menggunakan file header.


1.  Aturan penulisan pada bahasa c++ ?


- Hindari pendeklarasian variable yang bertype sama dalam satu baris.
- Tulis tanda pointer (*) dan reference (&) sesudah type data, bukan sebelum nama   variable.
- Tambahkan satu sepasi setelah tanda koma atau titik dua atau titik koma, jangan sebelumnya.
- Usahakan penulisan deklarasi data di kelompok yang terpisah dengan deklarasi fungsi.
- Usahakan untuk menuliskan konstruktor di awal blok, di susul dektruktor, kemudian oprator berbeban lebih, fungsi – fungsi lain, dan kelas atau fungsi yang bersifat friend.


1.  Aturan penulisan identifire
-      diawali oleh huruf atau underline
-      tidak boleh memakai spasi
-      tidakboleh menggunakan karakter khusus kecuali underline
-      tidak boleh menggunakan reserve word
-      panjang karakter unlimitied tp yg dibaca hnya 30 karakter awal saja
-      membedakan huruf besar dan kecil (case sensitiv)

2.  Sebutkan dan jelaskan keunggulan bahasa C++ ?
- bahasanaya tersrtuktur
Bahasa c meyediakan pengompertalisasian kode dan data dengan mengelola scopenya.

- Bahasa yang memiliki struktur yang fleksibel
Array dan record dapat di padukan dengan sembarang cara yang di inginkan untuk menghasilkan organisasi database yang hanya di batasi oleh kemampuan pemprogram.

- Berukuran kecil dan berkecepatan tinggi.
Bahasa c memungkinkan penulisan kompailer C berkualitas tinggi yang akan beroprasi hanya dengan memorry total 256kb.

- Effesiensi memorry
Tidak tersedianya fungsi build-in mengamankan program dari proses pelibatan dukungan fungsi yang tidak di butuhkan oleh suatu applikasi.

- Struktur perintah yang bebas.
Bahasa c mempunyai stuktur yang bebas yang memungkinkan untuk me recode fungsi – fungsi yang ada dengan mudah.

- Dukungan modular
konsep kompitalasi dan penyambungan yang terpisah yang memungkinkan untuk mengkompail ulang bagian – bagian program yang berubah saja.

- Probabilitas
Ukuran kemudahan pengkonfersian sebuah program yang di jalankan pada suatu jenis komputer / OS ke jenis komputer / OS lain.

- Kemudahan Interface   
Kompailer c menyediakan rountine – rountine bahasa assembly yang di padukan dengan keterpaksaan pengkompailan dan linking sehingga menghasilkan applikasi yang membutuhkan pencampuran rountine2 bahasa higt level dan bahasa assembly.

- Manipulasi Bit
Bahasa C menyediakan banuyak oprator manipulasi ke bit.

- Variable pointer
Untuk mengaddres daerah memorry tertentu juga untuk menambah kecepatan exekusi program.

3. jelaskan dan sebutkan tentang oprator dalam c++ !

- Bitwise (oprator logika)
And, or, komplement, XOR

- shift
>> : shift kanan
<< : shift kiri
- oprator inkremen dan dikremen
Inkremen : ++
Dikremen : --

- Aritmatika
+,-,*,/,%,mod

- Assigment
Assigment di lakukan oleh oprator assigment bukan oleh assigmentnya.
Cnth : & * (bilangan = 3)

- Assigment (gabungan campuran)
Pajak = pajak – diskon = pajak - = diskon
Bunga = bunga * l.i = bunga * = l.i
Buku = buku / halaman = buku / = halaman

Relasi dan logika
! NOT
& and !
Or
> 
< 
<=
>=

- kondisional (?:)
Syntak : kondisi ? ekspresi_benar : expresi_salah

- Koma.
Format : ekspresi_kiri , ekspresi_kanan.
Mengefakuasi 2 ekspresi  dimana sintak hanya mengizinkan 1 titik saja. Nilai opprator adalah nilai ekspresi sebelah kanan.


4. jelaskan dan sebutkan tentang pengertian stream dan struktur kelas stream ?

Stream adalah abstraksi untuk menangani aliran data dari 1 sumber ke tujuan lain baik sumber / tujuan dapat berupa buffer di memorry, string, file / layar monitor.


Kelas – kelas stream.

Kelas I/O stream.
pada kelas ini di gunakan untuk menampilkan hasil output

kelas stream buff
pada kelas ini di gunakan untuk menampilkan output dari program ke layar fisik.

5. program...

Program Menampilkan Tabel Perkalian

1.       #include <studio.h>
2.       #include <conio.h>
3.
4.       void main ()
5.       { for (int x=1; x<= 10; x++)
6.         for(int y=1; y<= 10 ; y++)
7.       }       
8. // meletakan kursor di pointer yang di tuju //
9.       gotoxy (
10.     (x>5)? (x-6)*16+1 : (x-1) * 16+1,
11.      (x>5)? Y+11: y);
12.
13. //mencetak axb = c di layar//
14.     print(“%2dx%d = %3d, x,y*y);
15.     }
16.     }
17.



Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)
Category: 0 comments

Sistim Oprasi #2


Sistim Oprasi

1. Bagaimana manajemen proses pada sistim oprasi yang anda ketahui ?  
    jelaskan !
2. Apakah yang di maksud dengan proses Control Block ?
3. Apa yang anda ketahui mengenai Long term, medium term, dan short
    term ?

Jawaban :

1. Managemen Proses

Proses adalah keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Sebuah proses
membutuhkan beberapa sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. Sumber daya tersebut dapat berupa CPU time, memori, berkas-berkas, dan perangkat-perangkat I/O. Sistem operasi bertanggung jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan managemen proses seperti:

• Pembuatan dan penghapusan proses pengguna dan sistem proses.
• Menunda atau melanjutkan proses.
• Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi.
• Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi.
• Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.

2. Proses Control block (PCB) :

Tiap proses digambarkan dalam sistem operasi oleh sebuah process control block PCB - juga disebut sebuah control block. PCB berisikan banyak bagian dari informasi yang berhubungan dengan sebuah proses yang spesifik, termasuk hal-hal dibawah ini:

1.Status proses: status mungkin, new, ready, running, waiting, halted, dan juga banyak lagi.

2.Program counter: suatu stack yang berisi alamat dari instruksi selanjutnya untuk dieksekusi untuk proses ini.

3.CPU register: Register bervariasi dalam jumlah dan jenis, tergantung pada rancangan komputer. Register  tersebut termasuk accumulator , indeks register, stack pointer , general-purposes register , ditambah code information pada kondisi apa pun. Besertaan dengan program counter, keadaaan/status informasi harus disimpan ketika gangguan terjadi, untuk memungkinkan proses tersebut berjalan/bekerja dengan benar setelahnya (lihat Gambar 2-3).

4.Informasi managemen memori: Informasi ini dapat termasuk suatu informasi sebagai nilai dari dasar dan batas register, tabel page/halaman, atau tabel segmen tergantung pada sistem memori yang digunakan oleh sistem operasi (lihat Bab Managemen memori).

5.Informasi pencatatan: Informasi ini termasuk jumlah dari CPU dan waktu riil yang digunakan, batas waktu, jumlah akun jumlah job atau proses, dan banyak lagi.

6.Informasi status I/O: Informasi termasuk daftar dari perangkat I/O yang di gunakan pada proses ini, suatu daftar berkas-berkas yang sedang diakses dan banyak lagi.

7.PCB hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang dapat bervariasi dari proses yang satu dengan yang lain.




  
3. pengertian tentang long term, medium term, short term.

a) Penjadualan jangka pendek (short term scheduler)
Mempunyai tugas untuk menjadwalkan alokasi pemroses di antara proses ready di memori utama. Penjadwalan dijalankan setiap terjadi di pengalihan proses untuk memilih proses berikut yang harus dijalankan.

b) Penjadualan jangka menengah (medium term scheduler)
Aktivitas pemindahan proses yang tertunda dari memori utama ke memori sekunder yang disebut swapping. Proses ini mempunyai kepentingan kecil saat itu sebagai proses yang tertunda. Tetapi, begitu kondisi yang membuatnya tertunda hilang dan proses dimasukkan kembali ke memori utama dan ready.

c) Penjadualan jangka panjang (long term scheduler)
Penjadwalan ini bekerja terhadap antrian batch dan memilih batch berikutnya yang harus dieksekusi.. batch biasanya adalah proses-proses dengan penggunaan sumber daya yang intensif, program ini berprioritas rendah, digunakan sebagai pengisi selama periode aktivitas job-job interaktif rendah.


Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)
Category: 0 comments

System Oprasi #1

materi untuk latihan UTS untuk matakuliah Sistim Oprasi


Oprating System
  1. Fugsi OS !
  2. Contoh OS  dan pengengembanganaya !
  3. Perbedaan bacth, time shared, distributed system, dan pararel !
  4. Perbedaan OS pada mainframe dengan pc !
  5. Perbedaan symmetric dan a symmetric!
  6. Jelaskan tentang direct memory akses !
  7. Apa saja kegiatan utama OS yang berkaitan dengan manajemen proses !
  8. Apa saja kegiatan Os yang berkaitan dengan managemen I/O !
  9. Apa saja kegiatan Os yang berkaitan dengan managemen memory !
  10. Apa saja kegiatan Os yang berkaitan dengan managemen berkas !
  11. Apa yang kalian ketahui tentang mengenai interupt !
  12. Sebutkan dan jelaskan komponen - komponen sistem komputer !
  13. Jelaskan perbedaan mengenai synchronous system dan a synchronous !


Jawaban !

1. fungsi Oprating system.

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu  perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.

Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

2. Contoh Oprating system beserta pengembangannya.

Windows :

Windows 1.0           Windows ME                             Windows 8
Windows 2.x          Windows NT
Windows 3.0          Windows 2000
Windows 3.1           Windows XP
Windows 95           Windows Vista
Windows 98           Windows 7

Mac OS :

Mac OS Klasik                          Mac OS X 10.3 Panther
Mac OS X                                Mac OS X 10.4 Tiger
Mac OS X Cheetah                    Mac OS X Leopard
Mac OS X Cheetah                    Mac OS X 10.6 Snow Leopard
Mac OS X 10.2 Jaguar              Mac OS X 10.7 Lion


Androit :

Android versi 1.0 (Astro)
Android versi 1.1 (bender)                                                 
Android versi 1.5 (Cupcake)                                   
Android versi 1.6 (Donut)                                      
Android versi 2.0/2.1 (Eclair)                                
Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)   
Android versi 2.3 (Gingerbread)
Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)
Android Versi 4.1/4.2 (JB:jelly Bean)

3. perbedaan bacth, time shared, distributed system, dan pararel !

Bacth System :
Batch Processing System, adalah Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.

Time shared System :
Time Sharing System adalah sebuah sistem yang berfungsi membagi sumber daya yang ada pada komputer dengan cara multiprogramming dan multi-tasking.

Distributed System :
Distributed System adalah sistem komputer yang mendistribusikan komputasi diantara beberapa processor, processor berkomunikasi dengan processor lain melalui saluran komunikasi, misalnya bus kecepatan tinggi atau saluran telepon.

Paralel System :
Paralel system adalah sistem komputer yang mendistribusikan komputasi diantara beberapa processor, processor berkomunikasi dengan processor lain melalui saluran komunikasi, misalnya bus kecepatan tinggi atau saluran telepon.

4. Perbedaan Oprating system pada mainframe dengan PC !

*) System operasi pada personal computer :

Titik fokus perancangan sistem operasi jenis komputer meja, agak berbeda dibadingkan dengan sistem operasi "main-frame". Pertama, kinerja serta derajat kerumitan komponen perangkat keras PC jauh lebih sederhana (dan murah). Karena itu, "utilisasi" perangkat keras tidak lagi menjadi masalah utama. Kedua, para pengguna PC tidak selalu merupakan "pakar", sehingga kemudahan penggunaan menjadi prioritas utama dalam perancangan sistem operasinya. Ketiga, akibat dari butir kedua di atas, "keamanan" dan "perlindungan" kurang mendapatkan perhatian. Dewasa ini, "virus" dan "cacing" (worm) telah menjadi masalah utama yang dihadapi para pengguna sistem PC tertentu.

Bedanya dengan sistem operasi mainframe :

*) System operasi pada mainframe
Disebut mainframe dikarenakan ukuran serta kemampuan pemrosesan secara historis berkaitan. System operasi dari computer ini mampu menangani ratusan program aplikasi secara bersamaan. Computer dengan system operasinya mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengan kapasitas besar. Main from juga mendukung puluhan bahasa pemrograman yang berbeda dan bertindak mengawasi lalu lintas ketika beberapa program mencoba mengakses basis data secara bersamaan. Computer mainframe biasanya dipusatkan pada pusat data yang telah lama menjadi sumber tenaga dari komputasi dunia bisnis.

5. perbedaan symmetric dan a symmetric :

symmetric multiprosesing :
symmetric multiprocessing adalah tiap processor mempunyai sistem operasi yang sama dan dapat melakukan komunikasi antar processor

A symmetric multiprocessing :
A symmetric multiprocessing adalah satu processor berfungsi sebagai master processor yang bertugas mengatur penjadwalan dan mengalokasikan kerja tiap processor dan processor lain berfungsi sebagai slave.

6. Direct akses memory :
Direct Memory Access (DMA) adalah suatu metoda penanganan I/O dimana device controller langsung berhubungan dengan memori tanpa campur tangan CPU.

7. Kegiatan utama oprating system yang berhubungan dengan manajemen
    proses :

1.     Pembuatan dan penghapusan proses pengguna dan sistem proses.
2.    Menunda atau melanjutkan proses.
3.    Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi.
4.    Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi.
5.    Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.

8. kegiatan Oprating system yang berkaitan dengan manajemen I/O :

Menyediakan "device driver" yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam (membuka, membaca, menulis, menutup).

1.     Buffer: menampung sementara data dari/ ke perangkat I/O.
2.    Spooling: melakukan penjadualan pemakaian I/O sistem supaya lebih efisien (antrian dsb.).
3.    Menyediakan driver untuk dapat melakukan operasi "rinci" untuk perangkat keras I/O tertentu.

9. kegiatan oprating system yang berkaitan dengan managemen memory :

1.     Menjaga track dari memori yang sedang digunakan dan siapa yang menggunakannya.
2.    Memilih program yang akan di-load ke memori.
3.    Mengalokasikan dan meng-dealokasikan ruang memori sesuai kebutuhan.

10. Kegiatan Oprating system yang berkaitan dengan managemen berkas :

1.     Pembuatan dan penghapusan berkas.
2.    Pembuatan dan penghapusan direktori.
3.    Mendukung manipulasi berkas dan direktori.
4.    Memetakan berkas ke secondary storage.
5.    Mem-backup berkas ke media penyimpanan yang permanen (non-volatile).

11. interupt adalah :

Interrupt atau interupsi adalah proses dalam komputer untuk meminta dilayani oleh mikroprosesor sesuai dengan tingkat prioritasnya yang telah diatur sedemikian rupa oleh sistem hardware computer.

12. komponen – komponen dalam sistem komputer :

Sistem komputer terdiri dari empat komponen, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), data dan komponen komunikasi.

Perangkat keras (hardware)
Komponen ini adalah semua peralatan sistem komputer yang dapat disentuh secara fisik. Perangkat keras ini sendiri juga terdiri dari tiga komponen, yaitu CPU; Peralatan Input, Output, dan Memory. Bila lebih diperinci lagi, CPU juga terdiri beberapa komponen utama yaitu ALU atau Arithmatic Logic Unit yang gunanya untuk melakukan fungsi perhitungan; CU atau Control Unit yang mengatur proses perintah serta per-pindahan data dari bagian CPU yang satu kebagian CPU yang lainnya; dan BUS atau Interface Unit adalah komponen untuk mengantar perintah serta data diantara CPU dengan hardware lainnya.

Perangkat Lunak (software)
Software component atau komponen perangkat lunak merupakan bagian komponen sistem komputer yang berupa program yang akan menentukan mengenai hal yang harus dilakukan. Untuk mendapat hasil yang bermanfaat, maka komputer hasur melakukan perintah yang ada didalam program tersebut. Terdapat dua jenis perangkat lunak dalam sistem komputer, yaitu software aplikasi dan software system. Sofware system bermanfaat untuk mengatur penyimpanan file, melakukan load, serta menjalankan program dan menerima instruksi yang diberikan melalui keyboard maupun mouse.

Data.
Komponen Data atau disebut data component merupakan fakta dasar yang menjadi wakil atas suatu kejadian. Data ini merupakan hasil dari proses system komputer yang berupa informasi. Bila kita melihat kilas balik sejarah komputer, data merupakan alasan utama hingga terciptanya komputer. Bentuk data pun berbagai jenis yang umumnya berupa angka.

Komponen komunikasi
Communication component atau komponen komunikasi terdiri atas software dan hardware pula.  Untuk jenis perangkat keras dari komponen komunikas ini adalah Comunication Channel dan Networdk Interface Card / NIC atau yang umumnya disebut modem. Fungsi utama komponen komunikasi adalah untun menyediakan saluran antara computer. Hubungan tersebut dapat berupa radio, fiber optic, wirreless technology / saluran telepon, wire cable, infra merah, bluetooth. Berbeda dengan modem, maka komponen ini mengubungkan komputer dengan saluran komunikasi sebagai interface.

13. perbedaan synchronous system dan a synchronous:

Synchronous

proses pengirim dan penerima diatur sedemikian rupa sehingga memiliki pengaturan yang sama, sehingga dapat diterima dan dikirim denan baik. umumnya pengaturan ini didasarkan pada waktu dalam mengirimkan sinyal.  waktu ini diatur oleh denyut listrik secara periodik yang disebut clock . dengan kata lain synchronous adalah sistem operasi untuk kejadian yang terjadi pada waktu bersamaan, berkelanjutan dan dapat diprediksi. contoh: chating

Asynchronous

proses komunikasi data yang tidak tergantung dengan waktu yang tetap. proses transformasi data kecepatanya. cukup relatif dan tidak tetap. metode komunikasi serial dari satu perangkat ke perangkat lainnya. data dikirimkan perbit persatuan waktu. tiap simbol yang dikirimkan mempunyai start bit dan stop bit, untuk melakukan sinkronisasi dari suatu device pengirim dan penerima. interval yang terjadi antar satu karakter dengan karakter lainnya dapat bervariasi.  asynchronous merupakan operasi yang tidak bergantung waktu

Asynchronous sering disebut juga sebagai Asynchronous Transfer Mode (ATM). mode ini paling sering digunakan dalam mengirimkan dan menerima data antar 2 alat.  pada mode ini berarti clock yang digunakan oleh kedua alat tidak bekerja selaras satu dengan yang lainnya.  dengan demnikian data harus berisikan informasi tambahan yang mengijinkan kedua lata kapan menyetujui kapan pengiriman alat dilakukan. contoh: modem, mesin fax, TCP/IP, mail, buletin board, dll.


Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)
Category: 2 comments

Program Fungction pada C++


Praktikum Gunadarma.
Laporan Akhir : Teknink Program Terstruktur 2 ( C++ )
Program Fungction pada C++.


Contoh program fungction pada C++

Versi Gambar :

Versi text :


#include<iostream.h>
#include<conio.h>

float hpersegi, hsegitiga, hppanjang, hlingkaran;

int persegi(float s){
cout<<"-- Luas Persegi --"<<endl;
cout<<"Masukkan Sisi: "; cin>>s;
hpersegi = s * s;
return hpersegi;
}

int ppanjang(float p, float l){
cout<<"\n-- Luas Persegi Panjang --"<<endl;
cout<<"Masukkan Panjang: "; cin>>p;
cout<<"Masukkan Lebar: "; cin>>l;
hppanjang = p * l;
return hppanjang;
}

int segitiga(float a, float t){
cout<<"\n-- Luas Segitiga --"<<endl;
cout<<"Masukkan Alas: "; cin>>a;
cout<<"Masukkan Tinggi: "; cin>>t;
hsegitiga = a * t / 2;
return hsegitiga;
}

int lingkaran(float r){
cout<<"\n-- Luas Lingkaran --"<<endl;
cout<<"Masukkan Jari Jari: "; cin>>r;
hlingkaran = 3.14 * r * r;
return hlingkaran;
}

void garis(){
cout<<"\n\n======== HASIL ========\n\n";
}

void main(){
float a,b,c,d,e,f;
clrscr();

persegi(a);
ppanjang(b,c);
segitiga(d,e);
lingkaran(f);
garis();
cout<<"Hasil Luas Persegi: "<<hpersegi<<endl;
cout<<"Hasil Luas Persegi Panjang: "<<hppanjang<<endl;
cout<<"Hasil Luas Segitiga: "<<hsegitiga<<endl;
cout<<"Hasil Luas Lingkaran: "<<hlingkaran<<endl;

getch();
}

Program Grade Dengan C



Praktikum Gunadarma.
Laporan Pendahuluan : Sistem Oprasi ( Linux With C )
Program Grade Pada C with Linux


kali ini kita akan membahas cara membuat program Grade dengan menggunakan bahasa c dan ada sedikit beberapa tips untuk menggunakan cara singkat tanpa kalian harus menulis kodinganya :D

seperti biasa jalankan Linux dengan Vmware atau secara langsung.
buat lah sebuah file dengan perintah vi untuk membuka program text editor.
lalu ketik koding berikut ini

Versi gambar :


Atau versi Text :


#include<stdio.h>
char n [30];
char k [5];
char p [8];
float u,a,f;
main()
{
printf("Masukan Nama Anda : "); scanf("%s",n);
printf("Masukan NPM Anda : "); scanf("%s",k);
printf("Masukan Kelas Anda : "); scanf("%s",p);
printf("Masukan Nilai UTS anda : "); scanf("%f",&u);
printf("Masukan Nilai UAS anda : "); scanf("%f",&a);
f = (u * 0.7)+(a * 0.3);
printf("Nama Anda : %s \nNPM Anda : %s \nKelas Anda : %s\n",n,p,k);
if (f>=80 && f<=100)
printf("Telah Berhasil dengan grade A dan nilai final = %f\n",f);
else if (f>=60 && f<=79)
printf("Telah Berhasil dengan grade B dan nilai final = %f\n",f);
else if (f<=60)
printf("Maaf Anda GAGAL ! dengan grade C dan nilai final = %f\n",f);
return 0;
}

Perulangan Pada Bahasa C



Praktikum Gunadarma.
Laporan Pendahuluan : Sistem Oprasi ( Linux With C )
Program Perulangan Pada C with Linux

Soal :


  1.  Apa yang anda ketahui  tentang perulangan pada C ?,
  2.  Sebutkan dan jelaskan statment perulangan pada C ?
  3.  Beikan contohnya program perulangan pada bahasa pemprograman C ?
Jawaban :

No.1

Looping adalah sebuah program perulangan statement dengan jumlah tertentu jika kondisi terpenuhi. Perulangan akan berhenti jika nilai yang dimasukan sudah tidak memenuhi syarat yang diberikan


Perulangan atau dalam istilah lain disebut dengan loop. Perulangan dipakai ketika kita dihadapkan pada suatu masalah dalam mencari jalan keluar dari banyak masalah yang berulang.

Contoh sederhana perulangan adalah cetak kata “perulangan “ sebanyak 100X  akan sangat memakan banyak waktu dan data jika kita menuliskanya satu persatu, tetapi dengan menggunakan metode perulangan kita akan sangat membantu kita.

No.2

Macam-macam looping pada C :

while loop
Syntax : while (expression) statement

do-while loop
Syntax : do statement while (condition);

Secara fungsional hampir sama dengan while loop dengan do while loop, hanya saja condition dalam do-while dievaluasi setelah eksekusi statement, dengan kata lain sedikitnya satu kali eksekusi statement walaupun kondisi tidak terpenuhi.

for loop
Syntax : for(initialization;condition;increase) statement;

Fungsinya akan mengulang statement jika condition bernilai benar. Sama seperti while loop, hanya saja for memungkinkan untuk memberikan instruksi initialization dan instruksi increase, sehingga dapat menampilkan loop dengan counter.

No.3

Program segitiga bintang (looping)

Konsep OOP dan Inheritence pada C++



Praktikum Gunadarma.
Laporan Pendahuluan : Teknink Program Terstruktur 2 ( C++ )
Konsep OOP & Inheritence pada C++.


pada postingan kali ini kita akan membahas hal yang cukup rumit yaitu OOP atau lebih di kenal dengan Object-Oriented Programming.



  1. Jelaskan tentang konsep OOP ?
  2. Jelaskan tentang Inheritence ?
  3. Berikan contoh program inheritence ?


 Jawaban :

No1.    Pengertian Object Oriented Programing (OOP)

Object-Oriented Programming (OOP) adalah sebuah pendekatan untuk pengembangan / development suatu software dimana dalam struktur software tersebut didasarkan kepada interaksi object dalam penyelesaian suatu proses/tugas. Interaksi tersebut mengambil form dari pesan-pesan dan mengirimkannya kembali antar object tersebut. Object akan merespon pesan tersebut menjadi sebuah tindakan /action atau metode.

OOP adalah paradigma pemrograman yang cukup dominan saat ini, karena mampu memberikan solusi kaidah pemrograman modern. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa pemrograman prosedural sudah tidak layak lagi .

OOP diciptakan karena dirasakan masih adanya keterbatasan pada bahasa pemrograman tradisional. Konsep dari OOP sendiri adalah, semua pemecahan masalah dibagi ke dalam objek. Contoh, ketika kamu mencetak sebuah halaman diword processor, kamu berarti melakukan inisialisasi tindakan dengan mengklik tombol printer. Kemudian kamu hanya menunggu respon apakah job tersebut sukses atau gagal, sedangkan proses terjadi internal tanpa kita ketahui. Tentunya setelah kamu menekan tombol printer, maka secara simultan object tombol tersebut berinteraksi dengan object printer untuk menyelesaikan job tersebut.

Dalam OOP data dan fungsi-fungsi yang akan mengoperasikannya digabungkan menjadi satu kesatuan yang dapat disebut sebagai objek. Proses perancangan atau desain dalam suatu pemrograman merupakan proses yang tidak terpisah dari proses yang mendahului, yaitu analisis dan proses yang mengikutinya. Pembahasan mengenai orientasi objek tidak akan terlepas dari konsep objek seperti inheritance atau penurunan, encapsulation atau pembungkusan, dan polymorphism atau kebanyakrupaan,aggregation dan Abstaction. Konsep-konsep ini merupakan fundamental dalam orientasi objek yang perlu sekali dipahami serta digunakan dengan baik, dan menghindari penggunaannya yang tidak tepat.

No 2  Inheritas
      Mengatur polimorfisme dan enkapsulasi dengan mengijinkan objek didefinisikan dan diciptakan dengan jenis khusus dari objek yang sudah ada - objek-objek ini dapat membagi (dan memperluas) perilaku mereka tanpa haru mengimplementasi ulang perilaku tersebut (bahasa berbasis-objek tidak selalu memiliki inheritas.

No.3 Contoh Program inheritas

via image :

Versi text :

Total Tayangan Halaman