Download Free Pascal


Ketika Borland memutuskan tidak akan ada Turbo Pascal 8.0 dan produk berikutnya (Delphi) hanya akan tersedia untuk platform Windwos, seorang pelajar Jerman, Florian Paul Klämpfl memulai pembuatan kompilator Pascal yang ditargetkan memiliki kompatibilitas tinggi dengan Turbo Pascal namun tersedia di sebanyak mungkin platform dan menghasilkan kode 32-bit.



Platform pertama yang didukung adalah DOS dengan go32v1 extender. Saat itu, kompilatornya bernama FPK Pascal dan ditulis dalam Turbo Pascal ditambah dengan beberapa Assembly untuk hal-hal yang tidak dapat dilakukan dari bahasa tingkat tinggi. Karena Turbo Pascal merupakan kompilator 16-bit, maka FPK Pascal juga 16-bit walaupun kode yang dihasilkannya 32-bit. 2 tahun setelahnya, FPK Pascal mampu mengompilasi kode sumbernya sendiri, menjadikannya 32-bit dan tidak lagi tergantung dengan Turbo Pascal. Kompilator tersebut pun mulai didistribusikan di Internet dan namanya diganti menjadi Free Pascal Compiler (FPC).

 Program Free Pascal ini bersifat freeware, dan opensource jadi kita bebas memodifikasinya, berikut lisensi yang saya kutip dari wikipedia.


Dialek utama yang diimplementasikan oleh Free Pascal adalah dialek yang menjadi standar de facto oleh programmer Pascal di seluruh dunia, yaitu Borland Pascal. Namun, tim pengembang tidak menutup kesempatan jika ada yang ingin menambahkan dukungan untuk dialek ANSI/ISO Pascal (dukungan dasar sudah tersedia di versi yang masih dikembangkan). Selain dialek utama tersebut, terdapat beberapa dialek lain untuk mendukung kompatibilitas dengan implementasi bahasa Pascal oleh kompilator lain. Saat ini setidaknya ada 6 dialek* yang didukung oleh Free Pascal, dengan perbedaan terletak pada fitur-fitur yang dapat digunakan dan semantik beberapa pengena


Seperti yang sudah di bahas di atas free pascal adalah pengengembangan dari turbo pascal, karena Borland memutuskan untuk tidak mengeluarkan Turbo Pascal 8.0, jadi pada versi ini di tambahkan beberapa fitur yang menarik, sebenernya menurut saya sih free pascal dan turbo pascal tidak jauh berbeda, tetapi pada Free pascal suport dengan windos 32bit, dan 64bit.

Silahkan Download Free pascal 32bit Disini.
Silahkan Download Free Pascal 64bit Disini.

Thanks To :


Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami, Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...