Peran Komunikasi Dalam Organisasi



Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.  Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Komponen komunikasi

Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik. berikut ini adalah komponen - komponen dari komunikasi :
  1. Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
  2. Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
  3. Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
  4. Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain.
  5. Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
  6. Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan ("Protokol").

Peranan komunikasi dalam organisasai 

Setelah kita mengetahui apa itu komunikasi selanjutnya saya akan menjelaskan tentang organisasi

Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang berbeda.

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Dengan adanya komunikasi dalam organisasi dapat menyatukan beberapa orang yang untuk mencapai tujuan organisasi, komunikasi akan sangat berperan penting untuk menjaga keutuhan dalam organisasi, karena dengan komunikasi akan menimbulkan ketebukaan akan setiap masalah yang di hadapi oleh setiap anggota organisasi, tetapi komunikasi yang buruk juga dapat membuat timbulnya masalah - masalah baru dalam sebuah organisasi karena terjadinya kesalah pahaman karena tidak tersampaikanya maksud dari pengirim pesan (sender) ke penerima pesan (receiver). 


seperti yang sudah di bahas di atas, komunikasi dapat di lakukan dengan berbagai cara dan berbagai macam alat, ada banyak sekali metode komunikasi yang dapat kita terapkan sesuai dengan kondisi yang ada. terkadang kita harus menggunakan metode atau cara yang berbeda untuk berkomunikasi dengan orang yang mempunyai sikap atau emosi yang berbeda-beda, karena tidak semua orang dapat menerima pesan dari pengirim dengan maksud yang sama.

di dalam organiasai biasanya terdapat kesamaan tujuan atau ketertrikan, hal tersebut adalah salah satu cara untuk memeprmudah kita untuk berkomunikasi dengan baik. dengan begitu komunikasi dalam sebuah organisasai akan sanagan berperan penting sebagai keutuhan, untuk menjaga, dan membantu agar tercapainya sebuah tujuan organisasi.

tetapi jika kita berkomunikasi dengan tidak baik atau dengan cara yang salah maka kita dapat merusak organisasi tersebut, karena tidak sampainya maksud dari pengirim informasi ke kepada penerima dengan baik dan benar.

Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...