Oprating System BlackBerry


SISTEM OPERASI: BLACKBERRY

BlackBerry adalah telepon seluler atau smartphone yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, BlackBerry Messenger (BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Penggunaan gadged canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia.

BlackBerry OS adalah Sistem Operasi Mobile yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM) dengan menggunakan bahasa C++ dan kernel C++. Sistem operasi ini menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, seperti trackwheel, trackball, dan yang paling baru, trackpad dan touchscreen.

RIM menyediakan sistem operasi multi-tasking (multi-tasking operating system - OS) bagi BlackBerry yang memungkinkan penggunaan secara realtime dari sebuah hardware. OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan kalendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara OS 4 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalender, dan lain-lain.

Perangkat lunak
BlackBerry sebagai penyedia smartphond dan tablet PC menyediakan berbagai perangkat lunak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

BlackBerry Enterprise Server (BES)
BlackBerry terintegrasi pada sistem e-mail yang terorganisasi melalui paket perangkat lunak yang disebut BlackBerry Enterprise System (BES). BES dapat digunakan oleh jaringan e-mail yang berbasis Microsoft Exchange, Lotus Domino, dan Novell Group Wise. Khusus pada pengguna individu, mereka dapat menggunakan layanan surat-e nirkabel yang disediakan oleh provider. 

Para pengguna individu dapat menggunakan BlackBerry Internet Solution tanpa harus menginstalasi BES di smartphone mereka. BES memang ditujukan bagi pelanggan korporasi dengan cakupan usaha yang besar. Perangkat lunak ini mengintegrasikan seluruh smartphone BlackBerry pada suatu organisasi dengan sistem perusahaan yang telah ada. Keuntungan yang diperoleh adalah memperluas komunikasi nirkabel dan data perusahaan kepada pengguna aktif dengan cara yang aman.

BlackBerry Professional Software (BPS)
BPS merupakan komunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi usaha kecil dan menengah. Ia menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan karyawan, dalam sebuah paket yang mudah dipasang dan harga yang lebih murah.

BlackBerry Internet Service (BIS)
Perangkat lunak yang diperuntukkan bagi pengguna pribadi ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan smartphone dengan 10 akun surat-e yang berbasis Post Office Protocol (POP3) dan Internet Message Access Protocol (IMAP), menerima dan mengirim pesan instan, serta mengakses Internet. Dengan BIS, kita juga dapat membuka tambahan data (attachment) dalam bentuk Excel, Word, Powerpoint,PDF, zip, jpg, gif dengan tingkat kompresi data yang tinggi.

BlackBerry Mobile Data System (BlackBerry MDS)
Sebuah aplikasi optimisasi pengembangan kerangka kerja untuk BlackBerry Enterprise Solution yang menyediakan sebuah alat pengembangan untuk membangun, menyebarluaskan, serta mengatur interaksi antara smartphone BlackBerry dan aplikasi perusahaan.

Pengguna BlackBerry dengan produk lainnya
BlackBerry berbeda dengan produk lainnya, produk selain BlackBerry aplikasinya membutuhkan koneksi GPRS/EDGE/3G maka koneksi akan dikenakan biaya GPRS sesuai operator. Jumlah surat-e yang bisa diintegrasikan jika menggunakan ponsel BlackBerry adalah 10 akun e-mail dan jika menggunakan BlackBerry Connect tergantung memori HP.
BlackBerry - berbekal sistem dan teknologi servernya yang unik - selalu bisa terhubung dengan internet. Jadi, dengan BlackBerrry, Anda bisa berkomunikasi sekaligus menerima/mengirim data dengan mudah...di mana saja !

Sejarah BlackBerry.
Didirikan oleh seorang imigran yunani di kota waterloo, kanada. Pendiri Research in Motion, Mike Lazaridis dilahirkan di Turki, membangun sebuah pemutar rekaman dsi Lego pada umur 4 (empat) tahun, sebuah radio pada umur 5 (lima) tahun, dan berkuliah di Universitas Waterloo.

Namun, ada fakta unik pada kisah ini. Bahwa dibalik kesuksesan RIM sebagai pencetak Blackberry ternyata Mike Lazaridis adalah seorang Mahasiswa Drop uot. Ia yang sejak kecil maniak mengutak-atik barang elektronik namun tak selesai kuliah di jurusan Teknik Elektro. Dia di-drop out, hanya dua bulan menjelang wisuda di University of Waterloo, Kanada. Ia lebih memilih sibuk mengurusi perusahaan yang ia dirikan sambil kuliah.
Dia memilih drop out setelah memenangkan kontrak senilai 560 ribu US Dollar. Para pesimis mengasumsukan bahwa pesaing besar akan menenggelamkan produk blackberry dengan membanjiri pasar dengan produk yang serupa. Namun hingga saat ini, tidak ada satupun perusahaan seperti nokia, motorola atau bahkan microsoft yang sanggup membuat pesaing blackberry.

Awalnya Blackberry ini ingin dinamai dengan nama “Pocket Link”, nama yang fungsional tetapi membosankan. Kemudian juga hampir dinamai “Strawberry” karena bentuknya yang mirip dengan strawberry, namun karena terkesan terlalu “jinak” dan juga kata “Straw” yang terlalu panjang dan terkesan lambat maka diambilah nama Blackberry, brand yg menurut mereka dapat mewakili manisnya hidup dalam buah BlackBerry dan kata "Black" yg cepat bila diucapkan mewakili karakter perangkat BlackBerry yg simple dan mudah digunakan.

Sejarah BlackBerry di Indonesia
BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel.
Akibat tuntutan pemerintah Indonesia, BlackBerry akhirnya membuka kantor perwakilan di Indonesia pada November 2010

Perkembangan Versi Blackberry OS
  1. Versi 1.0Debut Blackberry OS dimulai pada Januari 1999 dengan merilis Blackberry 1.0 untuk pager Blackberry 580.
  2. Versi 3.6Dirilis untuk smartphone Blackberry 5810 pada Maret 2002.
  3. Versi 5.0Blackberry merilis versi 5.0 pada 4 Agustus 2008, dengan Bold 9000 dan disusul perangkat Blackberry yang lainnya beberapa bulan kemudian.
  4. Versi 6.0Pada April 2010, RIM mengumumkan Blackberry OS versi 6, yang dirilis pada kuartal ketiga 2010.
  5. Versi 6.1 / Versi 7 dan Versi 7.1Rumor dari OS 6.1 dimulai pada kuarta pertama dan kedua tahun 2011 diikuti dengan gambar dari software terbarunya. Pada 2 Mei 2011, RIM mengumumkan rumor software 6.1 sebagai Blackberry OS 7. Software tersebut resmi dirilis pada Agustus 2011 dan tampil pada Blackberry Bold, Torch dan Curve. Setiap perangkat sebelumnya tidak bisa di update ke Blackberry OS 7. Sebuah update penambahan fitur,  dinamai OS 7.1 dirilis kemudian pada tahun yang sama.
  6. Versi 10.Pada 12 November 2012 Heins mengumumkan pada tanggal 30 Januari 2013 akan di luncurkan Sistem Operasi Blackberry 10 beserta smartphone yang menjalankan nya. Sistem operasinya beserta 2 perangkatnya yaitu Z10 (Full Touchscreen) dan Q10 (Perangkat dilengkapi dengan Keyboard Fisik) akan di Luncurkan pada tanggal 30 Januari 2013. Perusahaan ini juga mengumumkan bahwa Blackberry PlayBook Tablet juga akan menerima update BlackBerry versi 10 nanti masih di tahun ini, 2013. 

BlackBerry yang sudah cukup di kenal sebagai Smartphone untuk kalangan bisins dengan keunggulan aplikasinya berupa BlackBerry Messenger, kini setelah hadirnya OS. 7 pada BlackBerry RIM menanmbahkan fungsi baru  di antaranya yaitu :

Mobile Hotspot
Mobile Hotspot adalah fitur yang memungkinkan pemilik BlackBerry membuat Handponenya menjadi Hotspot pribadi BB  akan dapat membagi koneksi internet sampai maximal 5 divice (laptop, pc, hp lain, ataupun tablet).

BlackBerry Tag, sebuah fitur yang dapat memungkinkan kita unutk menggunakan NFC ( Near Field Communication ), yang memungkinkan pengguna BlackBerry dengan kemampuan NFC untuk saling berbagi media, file, maupun invite contak BBM, pada fitur ini juga di buat semacam dompet digital di mana anda cukup mendekatkan Hp ke sensor (layaknya kartu RFID pad amesin Absen) sehingga anda dapat melakukan banyak hal seperti trasaksi pembayaran ataupun saling berbagi banyak hal lainya.

Wi-Fi Calling, yaitu fitur untuk melakukan panggilan menggunakan jaringan wi-Fi
sedangkan pada fitur BlackBerry 10  terdapat fitur terbaru yang dapat mengintegrasikan seluruh pesan dan bergai akun yang di miliki pengguna seperti e-mail, facebook, twitter dan lain segainya, menurut the verge yang sempat mencoba blackberry 10 mengatakan hardware yang di gunakan bukanlah hardware sembarangan melainkan hardware dengan spesifikasi tinggi yangberada di atas rata-rata.
Easy Multitasking.

Dengan BlackBerry OS 10, anda dapat dengan mudah pindah dari aplikasi yang satu ke aplikasi yang lain. Dilihat dari desainnya, nampaknya BlackBerry 10 Dev Alpha memang dipersiapkan oleh RIM untuk menyaingi Android, iPhone dan Windows Phone yang kini hadir dengan menonjolkan kelebihan layar sentuh dalam setiap smartphonenya. Vivek Bhardwaj Head of Software Portfolio RIM, bersama dengan CEO RIM Thorsten Heins mendemonstrasikan beberapa kemudahan saat berinteraksi dengan antarmuka BlackBerry 10 Dev Alpha yang berukuran 4 inchi, dan full touch screen. Desain ini tentu berbeda dengan beberapa seri perangkat BlackBerry yang biasa dibuat RIM sebelumnya yang memadukan antara tombol fisik dan layar sentuh. Bhardwaj mengatakan bahwa konsep interface dalam BlackBerry 10 adalah memberikan kemudahan bagi pengguna. Beberapa halaman bisa dibuka dalam satu layar, termasuk notifikasi dan tetap bisa bernavigasi dalam ponsel dengan lancar.

Konsep baru dalam fitur notifikasi semakin memudahkan pengguna untuk mengakses beragam notifikasi sistem cukup dengan menyapukan jari ke samping pada layar. Saat didemokan di atas pentas, terlihat Heins melakukan gerakan swipe ke samping layar kemudian muncul 3 tampilan aplikasi yang tertata rapi dalam satu layar.


Smart Keyboard (Keyboard Pintar) 

Selama ini perangkat BlackBerry memang sangat dikenal dengan ciri khas “qwerty”-nya. Meskipun pada BlackBerry 10 ini tampil dengan full touch screen, namun seakan tidak ingin menghilangkan “jejak” pendahulunya, sehingga kenyamanan mengetik tetap diperhatikan. Bhardwaj menyebutkan bahwa dalam fitur keyboard touchsreen tersebut sudah dilengkapi dengan sebuah algoritma sehingga memudahkan pengguna dalam aktivitas mengetik.

Dengan BlackBerry OS 10, pada saat anda berada pada virtual keyboard (touch screen) dan anda gunakan untuk mengetik, maka sistem akan memprediksi kata (word suggestions) berikutnya yang akan anda ketik, jika benar maka anda tidak perlu mengetiknya, karena anda tinggal tekan tombol enter untuk menggunakan kata yang ditawarkan tersebut.

Flashback Camera.

Fitur ini merupakan fitur untuk kamera yang bisa anda gunakan untuk mencari hasil terbaik dari tangkapan kamera BlackBerry anda. Semisal anda terlanjur mengambil gambar tertentu namun ternyata hasilnya tidak sesempurna hasil yang tampak di kamera padahal, sepertinya pada saat anda tekan tombol anda telah menemukan saat yang tepat. Nah, anda tidak perlu membuang hasil jepretan tersebut, karena BlackBerry OS 10 menawarkan kelebihan dimana anda bisa mencari saat – saat dimana anda menemukan waktu yang sempurna ketika mengarahkan kamera BlackBerry anda pada objek tersebut, semacam mesin waktu kembali ke waktu sebelum anda melakukan jepretan.

Kemampuan kameranya dalam melakukan continuous shot merupakan keunggulan yang ditawarkan dari BlackBerry 10. Kamera pada BlackBerry 10 Dev Alpha mampu menangkap sebuah momen yang terlewatkan, dengan cara mengambil beberapa frame foto secara cepat. Hal ini memungkinkan untuk meimilih beberapa foto dengan momen yang benar-benar pas. Seperti contoh yang didemokan, ada foto 2 orang yang tampak sempurna, namun saat dilihat lebih detail ada salah satu orang yang berkedip, sehingga untuk memperbaikinya tinggal scroll beberapa frame yang telah diambil maju atau mundur untuk menemukan momen yang benar-benar sempurna.
Selain itu pada ponsel BlackBerry 10 yang berukuran 4.2”inci juga memiliki resulusi 720x1280 Pixel yang berarti kita dapat memutar video HD pada blackberry 10.

Kelebihan BlackBerry

Produk yang menjadi andalan utama dan membuat BlackBerry digemari di pasar adalah fitur surat-e cepat (push e-mail). Produk ini mendapat sebutan e-mail cepat karena seluruh e-mail baru, daftar kontak, dan informasi jadwal (calendar) “ditampilkan” langsung ke dalam BlackBerry secara otomatis.

Seperti yang telah disebutkan di atas mengenai keunggulan dari BlackBerry, yaitu push e-mail. Dengan push e-mail semua e-mail masuk dapat diteruskan langsung ke ponsel. E-mail juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server BlackBerry sehingga aman dari virus. Lampiran berkas berupa dokumen Microsoft Office dan PDF dapat dibuka dengan mudah. Sebuah e-mail berukuran 1 MB jika diterima melalui push e-mail dapat menjadi 10 KB dengan isi yang tetap.

Pengguna tidak perlu mengakses Internet terlebih dulu dan membuka satu persatu surat-e yang masuk, atau pemeriksaan e-mail baru. Hal ini dimungkinkan karena pengguna akan terhubung secara terus-menerus dengan dunia maya melalui jaringan telepon seluler yang tersedia. Alat penyimpanan juga memungkinkan para pengguna untuk mengakses data yang sampai ketika berada di luar layanan jangkauan nirkabel. Begitu pengguna terhubung lagi, BlackBerry Enterprise Server akan menyampaikan data terbaru yang masuk.

Kelebihan lainnya adalah kemampuan BlackBerry yang dapat menampung e-mail hingga puluhan ribu tanpa ada risiko hang, asalkan masih ada memori tersisa.
BlackBerry juga bisa digunakan untuk chatting. Mirip dengan Yahoo Messenger yang bernama BlackBerry Messenger (BBM) yang berjalan melalui jaringan BlackBerry dengan memasukan nomor identitas unik atau PIN dari setiap ponsel BlackBerry.

Semua layanan BlackBerry ini dikenal sangat aman, baik surat-e, chatting, maupun browsing. Untuk browsing Internet, data-data dari situs web sudah dikompresi sehingga lebih cepat dibuka.

Fasilitas lain yang menjadi andalan BlackBerry adalah pesan instan. Yahoo Messenger, Google Talk, dan Skype kini telah menjadi rekan BlackBerry. Teknologi terkini memang memungkinkan kita untuk mengobrol (chatting) di Internet melalui telepon genggam dan Personal Digital Assistant (PDA), tetapi yang berbeda pada BlackBerry adalah proses instalasi lengkap yang bisa dilakukannya melalui jaringan nirkabel.

Melihat fenomena BlackBerry yang digemari masyarakat karena keunggulan fasilitas komunikasinya, membuat banyak perusahaan IT berkembang dan berlomba-lomba menciptakan aplikasi yang paling mutakhir untuk pengguna BlackBerry. Keunggulan lain juga hadir melalui teknologi kompresi yang menyebabkan biaya akses menjadi murah dan pemberitahuan jawaban pesan melalui tanda getar pada BlackBerry. Penggunaan BlackBerry semakin meluas dengan hadirnya fasilitas koneksi BlackBerry (BlackBerry Connect). Dengan BlackBerry Connect, pengguna tidak lagi harus menggunakan perangkat genggam BlackBerry untuk memanfaatkan BlackBerry Internet Solution. Pengguna hanya perlu menginstalasi BlackBerry Connect pada smartphone merek apapun yang dimiliki, sehingga bisa memanfaatkan BlackBerry Internet Solution.

Keunggulan BlackBerry Secara Garis Besar :

Feature:
  1. System full backup/recover sebagian maupun sepenuhnya mempermudah user dalam membackup data2 penting Ketika mengganti unit blackberry baru, anda cukup menggunakan fungsi change device dan data-data penting beserta setting dan 3rd party software (jika compatible) tercopy dengan mudah ke device blackberry baru.
  2. Fungsi Autotext, anda tinggal mendefine keyword lalu mengasosiasikan dengan isi pengganti yang biasanya berisi text/character yang panjang, dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut. semisal, anda mendefine autotext home, ketika anda ketik, digantikan dengan alamat lengkap, rt-rw,phone,kodepost dlsb yang anda inginkan.
  3. fungsi search sangat powerfull untuk menemukan di field manapun dari nama, subject bahkan content, sehingga membantu kita menemukan hal yang kita cari.
  4. profile pada blackberry sangat flexible, untuk setiap account email, sms,mms,phone,facebook dlsb dapat diatur ringtone/vibrate dan led signnya
  5. fitur speed dial pada blackberry qwerty sebanyak pilihan a-z,dikurangi default key. Membantu sekali dalam melakukan telepon cepat
  6. kompresi data yang sangat baik, Sebuah e-mail berukuran 1 MB jika diterima melalui push e-mail dapat menjadi 10 KB dengan isi yang tetap.
  7. Integrasi data dengan kalender, sosial media, email dan lain-lain.
  8. Dapat berjalan dengan baik walau dalam keadaan jaringan yang offline karena walaupun dalam mode offline BlackBerry dapat membuka email yang telah masuk, tampa harus terkoneksi ke internet.
  9. Aplikasi pendukung yang baik seperti pembaca word, powerpoint, dan pdf.

Multimedia


  1. Fungsi BBM (Blackberry Messenger) yang mampu membuat chatting kita nyaman dengan tidak hanya menyediakan fungsi chatt type, namun juga send type dan rekaman sebesar 10Kb – membantu sekali saat sedang tidak bisa mengetik pesan dan tinggal merekam ucapan sekitar 5 Detik dan mengirimkan kepada lawan chatt kita. Pada fungsi baru di OS versi 5.0 bahkan terintegrasi dengan fungsi SMS dan dapat mengirimkan pesan lokasi dlsb.
  2. Customize theme yang buat user level advanced dapat dengan mudah membuat dan mendesign rancangan theme sendiri sesuai kebutuhan, yang diperlukan hanya image editing software dan idea.
  3. Fungsi geotag pada blackberry ber-GPS, membantu foto-foto yang kita ambil berisi informasi lokasi foto diambil, bisa dibuat petunjuk, kemana rekan kita berada dengan mengecheck lokasi GPS melalui informasi Geotagnya.
  4. Tampilan akses multimedia ke video, audio, gambar dan rekaman terintegrate dan sangat sederhana, sehingga cepat diakses dan nyaman digunakan.
  5. Lebih punya karakteristik sebagai smartphone dengan fungsi social media & fitur messaging dengan dukungan keyboard qwerty.

Security

  1. Dengan mengaktifkan fungsi password, dan jika terjadi kehilangan terhadap blackberry, pencuri yang salah memasukan password akan menghapus seluruh data (wipe) di blackberry anda-sehingga data penting anda tidak gampang diambil.
  2. feature firewallnya,sangat effective dalam memblock sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.

EKonomis

  1. Ada beberapa merk yang dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal khusus untuk masyarakat menengah.
  2. Di sediakanya beberapa paket-paket BB yang murah dari beberapa oprator yang memungkinkan kita mengakses semua service BlackBerry.
  3. Tersedianya Wi-fi yang handal untuk mengatasi koneksi internet yang cukup buruk yang di sediakan oleh oprator telekomunikasi.
  4. Dapat mengirim pesan baik text, gambar, bahkan suara tanpa mengeluarkan biaya lebih.

 Kekurangan BlackBerry

Features

  1. Belum (hingga tulisan ini ditulis) mendukung conference call.
  2. Tidak native membawa kemampuan untuk menerima dan mengirimkan fax (karena fungsi email+attachment harusnya dapat menggantikan hal ini).
  3. Fungsi rekaman native (voice recorder) berkemampuan jelek dan hanya mampu merekam 10 menit dan dalam format yang tidak umum (seperti mp3,wav dlsb), software pengganti belum banyak dan hanya VR+ dari shapeservice yang dijual cukup mahal (meskipun ada versi lite dengan keterbatasannya).
  4. Pada blackberry qwerty,spell check yang membantu pengecheckan kesalahan ketik HANYA dapat berjalan jika selesai diketik semua. Padahal kesalahan ketik seharusnya dapat kita check saat melakukan pengetikan.
  5. Performa dalam menjalankan aplikasi kurang begitu baik seperti menjalankan aplikasi/games berukuran besar.
  6. Jumlah aplikasi dan games tidak sebanyak di iOS dan Android.
  7. Jarang mendapat update OS dari RIM.
  8. Spellcheck yang hanya dapat berjalan ketika kalimat sudah diketik semua, seharusnya kesalahan ketik dapat kita check pada awal pengetikan
  9. Spesifikasi hardware yang ketinggalan sehingga beberapa device tertentu selalu mengalami keluhan hang dan lemot. (untuk yang suport dgn OS 1 – 5)
  10. Keharusan untuk selalu terhubung di dunia maya, membuat user harus memiliki paket data yang aktif.

software

  1. Seluruh 3rd party software terinstall bersama pada memory internal, sehingga dengan memory internal (RAM) blackberry yang terbatas, tidak banyak software 3rd party yang dapat diinstall (terutama pada blackberry type lama), meskipun sudah tersedia software yang dapat memindahkan instalasi 3rd party software pada memory card – saat digunakan program 3rd party tetap di load di internal memory (RAM).
  2. Software 3rd party yang terinstall tidak otomatis terbackup saat kita melakukan backup, harus dilakukan trick khusus untuk membackup 3rd party software ini. kecuali anda bersedia menginstall kembali 3rd party software setelah anda melakukan upgrade/downgrade OS.


Email

  1. Synchronisasi antara email di blackberry dan server, terutama untuk email yang sudah kita delete di blackberry sering tidak bekerja dengan baik, sehingga sering kali email yang sudah kita delete di blackberry dan kita purge serta reconsile (dari menu Reconsile), tetap tertarik di mail client PC/Laptop kita, tentunya hal ini menjengkelkan karena kita harus memeriksa kembali mana email yang harus di delete kembali maupun yang tidak kita delete di blackberry untuk kita arsipkan di mail client PC/Laptop kita.
  2. Size file yang bisa dikirim dan diterima maximal 2.9Mb


Browser

browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi, bagi yang ingin menggunakan klikbca.com misalnya, harus menggunakan 3rd party software MiniOpera untuk mengatasi masalah ini. Semoga info diatas dapat bermafaat dan berguna bagi anda pengguna dan pecinta smartphone. dan juga pesan saya jangan hanya bisa memakai tapi cobalah untuk mengutak-atik dan mengambil ilmu didalamnya.
Kesimpulan !

BlackBerry OS merupakan sistim oprasi yang di buat dari kernel c++ dengan kemampuan multitasking yang cukup handal untuk di gunakan sebagai smartphone, RIM selalu berusaha keras untuk memperbarui kemampuan BlackBerry dengan mengedepankan teknologi hardware yang semakin canggih dengan di dukung wi-fi yang kuat, serta dengan keunggulan servernya yang unik yang dapat menghubungkan kita secara realtime dengan akun – akun email atau sosial media lainya dengan di tandainya sebuah notifikasi yang dapat kita atur – atur sendiri, serta fitur utamanya yaitu BlackBerry Messenger yang dapat mengirimkan pesan text, gambar bahkan suara dengan hasil kompresi yang ringan, sehingga membuat blackBerry menjadi idam-idaman user yang tidak ingin ketinggalan informasi.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/BlackBerry_OS. Wikipedia. Diakses pada 08 Maret 2013.
http://webakoey.blogspot.com/2012/02/kelebihan-dan-kekurangan-blackberry.html. webakoey. Diakses pada 08 Maret 2013.
http://ruanghati.com/2009/06/07/sejarah-asal-muasal-blackberry/. Ruang Hati. Diakses pada 08 Maret 2013.
http://homeformulaone.blogspot.com/2009/02/sejarah-blackberry.html. Home Formula One. Diakases pada 08 Maret 2013.
http://www.lintasberita.com/go/782063. Lintas Berita. Diakses pada 08 Maret 2013.
http://id.wikipedia.org/wiki/BlackBerry_Messenger. Wikipedia. Diakses pada 09 Maret 2013.
http://id.wikipedia.org/wiki/BlackBerry. Wikipedia. Diakses pada 09 Maret 2013.
http://blog.juragangadget.com/history/sejarah-blackberry-os/. Juragan Gadget. Diakses pada 09 Maret 2013.
http://en.wikipedia.org/wiki/BlackBerry_10. Wikipedia. Diakses pada 09 Maret 2013.
http://id.wikipedia.org/wiki/BlackBerry
http://dewantirta.blogspot.com/2012/01/penemu-blackberry.html
http://farrasnia-sejarahilmupengetahuan.blogspot.com/2012/01/sejarah-ilmu-pengetahuan-penemu.html
http://bb-aditya.blogspot.com/2012/11/kelebihan-dan-kekurangan-blackberry-os.html
http://olengkblogs.blogspot.com/2012/10/kelebihan-dan-kekurangan-blackberry-os-7.html
http://webakoey.blogspot.com/2012/02/kelebihan-dan-kekurangan-blackberry.html#.UT2U0kaapdk
http://komputerdefinisi.blogspot.com/2012/01/midp.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Wireless_Application_Protocol
http://portal.paseban.com/article/8911/pengertian-sistem-operasi-smartphone-populer
http://www.jejakbocah.com/2012/05/3-kelebihan-blackberry-10.html
http://panduanbb.com/menelisik-kelebihan-blackberry-os-10/

Terimakasih sudah datang dan membaca artikel kami Sertakan link sumber untuk menghargai karya cipta orang lain :)

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Menggunakan Bahasa Yang Kotor Dan Berbau SARA
jika ada link yang rusak atau request silahkan menuju ke link ini : DISINI

Recommendation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...